SELAMAT DATANG

Kamis, 30 Desember 2010

Sejarah Musik Jazz

    Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca, bahwa asal kata “jazz” berasal dari sebuah istilah vulgar yang digunakan untuk aksi seksual. Bahkan sebagian irama dalam musik jazz pernah diasosiasikan dengan rumah-rumah bordil dan perempuan-perempuan dengan reputasi yang kurang baik.Bagaimana kisah perjalanan jazz ini?  
    
     Musik jazz yang sering disebut musiknya orang kaya ini sebenarnya berawal dari budak afrika di Amerika yang tertindas. Tradisi musik jazz mulai berkembang sejak tahun 1868. Musik jazz ini  terbentuk karena pengaruh dari tribal drums dan musik gospel, blues serta field hollers (teriakan peladang). Dilihat dari proses terbentuknya, musik jazz merupakan perpaduan dari aliran-aliran musik yang terbentuk dari masyarakat yang tertindas, seperti blues dan gospel.
     Perkembangan musik jazz pada awalnya berupa musik blues. Dari musik blues ini terjadi perkembangan menjadi sebuah aliran musik yang disebut rag-time. Kemudian musik rag-time berkembang menjadi musik boogie-woogie. Setelah mengalami beberapa tahap perkembangan inilah lama-kelamaan musik yang dianggap milik orang kaya ini mulai terbentuk.
     Hingga saat ini musik jazz terus berkembang, contohnya saja yang pada awalnya hanya menggunakan alat-alat musik yang sama pada musik boogie-woogie, menjadi seperti sekarang yang sudah memakai saxophone, dan alat-alat musik lainnya. 
     Sekarang kita sudah tahu bagaimana proses terbentuknya musik jazz. Sekarang pertanyaannya bagaimana musik jazz bisa tersebar ke seluruh dunia. Jawabannya adalah peristiwa di New Orleans. Jadi begini, pada tahun 1915, musik jazz mulai tumbuh dan berkembang di New Orleans. Musik jazz di New Orleans dianggap sebagai pembuat kerusuhan, karena banyak orang yang dianggap tidak mematuhi peraturan karena musik jazz. Tidak hanya itu, musik jazz juga dianggap sebagai penyulut tindak kriminal. Maka pada tahun 1917 tempat hiburan hampir di seluruh New Orleans ditutup. Dari peristiwa yang tidak mengenakkan inilah musik jazz terus berkembang ke luar New Orleans.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar