SELAMAT DATANG

Rabu, 20 Juli 2011

Kenapa Ikan Berbau Amis ???

Kira-kira kamu pernah berpikir gag? "Kenapa ikan berbau amis yaaa??
     Baru kemarin aja aku lihat di majalah bobo ada jawabannya nih. Jawabannya yaitu, karena di dalam tubuh ikan ada sekelompok bakteri yang menimbulkan bau amis ini. Bakteri itu menghasilkan zat yang berbau amis. Zatnya bernama zat amino volatil atau yang lebih dikenal dengan zat amino terbang.
     Sebenarnya, ikan hanya berbau amis jika terlalu lama terkena udara. Kenapa?? Hal ini disebabkan Zat amino volatil jika terkena udara akan berhamburan terbang dan mengenai hidung kita. Dengan begitu, maka kita akan mencium bau amis pada ikan. Namun demikian, ikan yang baru ditangkap / masih segar, tidak akan berbau amis.
     Jadi, bau amis pada ikan dapat digunakan untuk mengetahui apakah ikan tersebut masih segar atau tidak. Nah,, ada sedikit cara nih untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Caranya dengan memberi air jeruk pada tubuh ikan. Ini dapat dijelaskan secara ilmiah kok. Jadi begini : Pada saat air jeruk dioleskan pada tubuh ikan, terjadi perubahan kimia yang terjadi pada zat amino volatil. Zat tersebut yang pada mulanya sangat ringan, menjadi suatu zat baru yang berwujud padat. Zat baru ini disebut zat garam amino. Oleh karena bentuknya padat, maka zat ini tidak dapat terbang, dan tidak tercium oleh hidung kita.
      Yaah, demikianlah artikel yang saya dapatkan. Semoga semuanya dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar