SELAMAT DATANG

Selasa, 08 Maret 2011

Perancangan Wilayah Kota

Setelah saya baca-baca dari beberapa situs lain, saya menemukan pengetahuan tentang perkotaan.
Di dalam teknik perancangan wilayah kota, telah dikenal tiga hal yang paling penting. Tiga hal ini adalah ruang/massa, jalur-jalur penghubung, dan tempat.
Massa atau ruang adalah satu hal yang paling terlihat di dalam perancangan kota. Jalur-jalur penghubung adalah tempat atau wilayah atau area yang digunakan untuk menghubungkan jalur, baik kendaraan, pejalan kaki, serta ru8ang terbuka yang membentuk suatu sistem tertentu yang merupakan ruang untuk bergerak, dan sistem pelayanan infrastruktur kota (linkage).
Sedangkan tempat adalah suatu letak yang fungsinya bermacam-macam. Tempat ini sendiri harus disesuaikan dengan budaya, sejarah, ekologi, detail, ornamen, persepsi visual. Da dalam sebuah kota, biasanya tempat tersusun atau terpola berdasarkan fungsi yang saling berhubungan. Di dalam suatu ruang terbuka publik di kota, terdapat berbagai macam pola tersebut, misalnya tempat umum, tempat berkumpulnya warga kota, baik individu, maupun berkelompok, tempat kegiatan warga kota.
Faktor yang paling berpengaruh dalam membentuk suatu kawasan atau area adalah banyaknya bangunan yang ada, dan banyaknya tempat terbuka yang ada.
Tata kota juga memperhatikan kegiatan yang terbentuk di dalamnya. Kegiatan pemerintahan dan kegiatan masyarakat yang serasi akan membentuk suatu penataan ruang baik untuk bekerja, maupun untuk bertempat tinggal. Selain itu, keserasian antara kegiatan mesyarakat dan lingkungannya juga akan membentuk kawasan yang harmonis.
Penyelesaian masalah perancangan wilayah terkait dengan berbagai faktor yang cukup kompleks. Pendekatan perancangan dengan mempertimbangkan fungsi hubungan berbagai elemen perkotaan yang mengorganisasikan obyek dan ruang, termasuk proses serta aktifitas yang terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar